Selasa, 27 Maret 2012

sinar ultraviolet


SINAR ULTRAVIOLET

1.    Pengertian
Radiasi ultraungu (sering disingkat UV, dari bahasa Inggris: ultraviolet) adalah radiasi elektromagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak, namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil.
Radiasi UV dapat dibagi menjadi hampir UV (panjang gelombang: 380–200 nm) dan UV vakum (200–10 nm). Dalam pembicaraan mengenai pengaruh radiasi UV terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, jarak panjang gelombang sering dibagi lagi kepada UVA (380–315 nm), yang juga disebut "Gelombang Panjang" atau "blacklight"; UVB (315–280 nm), yang juga disebut "Gelombang Medium" (Medium Wave); dan UVC (280-10 nm), juga disebut "Gelombang Pendek" (Short Wave).
Istilah ultraviolet berarti "melebihi ungu" (dari bahasa Latin ultra, "melebihi"), sedangkan kata ungu merupakan warna panjang gelombang paling pendek dari cahaya dari sinar tampak. Beberapa hewan, termasuk burung, reptil, dan serangga seperti lebah dapat melihat hingga mencapai "hampir UV". Banyak buah-buahan, bunga dan benih terlihat lebih jelas di latar belakang dalam panjang gelombang UV dibandingkan dengan penglihatan warna manusia.
2.    10 Fakta Seputar Sinar Ultraviolet
Matahari merupakan sumber energi yang sifatnya gratis dan bisa dikonversi ke bentuk energi lainnya. Tapi, bagi manusia, apakah efek cahayanya sehat untuk kulit. Mengapa kulit manusia bisa terbakar dan menjadi merah bila tersorot cahayanya ? Berikut 10 fakta seputar efek sinar ultraviolet (UV) dari matahari terhadap kulit manusia, yang dilansir VIVAnews dari Livescience, Minggu 29 Maret 2009.
1. Bagaimana matahari membakar kulit kita?
Ketika Anda berjemur di kursi teras, sinar ultraviolet dari matahari yang menyerang langsung ke kulit akan membunuh sel-sel yang biasanya bekerja membuat sel kulit baru. Sinar ultraviolet A (UVA) sendiri dapat menembus kulit ke lapisan lebih dalam, tetapi kombinasi sinar UVA dan UVB justru membakar lapisan kulit luar karena energi per photon yang dikeluarkan lebih besar, yakni 8,37 eV.
2. Mengapa kulit yang terbakar memerah?
Untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan menyingkirkan sel-sel mati, pembuluh darah otomatis bekerja ekstra untuk menyalurkan darah lebih besar ke daerah yang terbakar. Aliran darah ini yang membuat kulit Anda berubah menjadi merah dan lebih hangat.


3. Apa efeknya bila kulit terbakar terkena sinar matahari?
Sel-sel yang rusak mengirimkan pesan ke otak, memberi sinyal bahwa mereka cedera dan mengaktivasi indera kulit untuk peka terhadap sakit. Hal ini membuat kulit kita sensitif terhadap sentuhan.
4. Mengapa warna kulit menjadi coklat?
Ketika sinar UV membakar kulit dalam, organ manusia akan memproduksi lebih banyak pigmen melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Pigmen tersebut bekerja menyerap radiasi dan melindungi sel dari kerusakan. Kurang tepat bila kebanyakan orang ingin membuat kulit menjadi coklat dengan berjemur seharian di pantai, karena produksi melamin membutuhkan waktu cukup lama.
5. Mengapa kulit ras manusia berambut merah tidak bisa membuat kulit coklat?
Kendati melanin dapat memproteksi tubuh manusia dari radiasi sinar UV, pigmen ini juga memiliki efek yang berbahaya. Pheomelanin, tipe lain melanin yang membuat rambut menjadi merah atau kuning dan kulit menjadi terang, sebenarnya memiliki risiko kerusakan kulit lebih besar, seperti kulit terbakar bahkan kanker kulit.
6. Bagaimana cara kerja sunscreen atau sunblock?
Sunscreen/sunblock merupakan cara efektif untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang berpotensi merusak kulit. Secara kimiawi, sunscreen/sunblock mengandung sejumlah zat yang mampu menahan sinar UV dan memantulkannya.
7. Apakah sunblock yang mencantumkan kode SPF 30 lebih baik dibandingkan SPF 15?
Tidak sepenuhnya benar. SPF hanya sebagai indikasi berapa lama waktu yang Anda punya sebelum kulit terbakar. Misalnya, dengan menggunakan sunblock SPF 2, maka Anda dapat berjemur di bawah matahari dua kali lebih lama dibandingkan jika tidak memakainya. Sementara itu, SPF 30 akan memberikan proteksi 30 kali lipat dibandingkan proteksi natural kulit Anda dan menangkis 97 persen sinar UVB. Bila dibandingkan, SPF 15 menyanggah sinar yang sama hingga 93 persen.
8. Mengapa manusia lebih sering berjemur di pantai?
Karena sinar matahari dapat memantul di pasir, air, dan salju, sehingga sinar yang diserap kulit berlipat. Ada pula sejumlah faktor pendorong lainnya, yakni musim panas, tengah hari, dan wilayah di sekitar garis khatulistiwa, sehingga pada situasi tersebut, produksi sinar UV adalah yang terbanyak. Kendati mendung, 80 persen sinar matahari tetap dapat menembus awan, bahkan kabut tebal.

9. Apakah kulit yang sedikit memerah menandakan Anda baik-baik saja?
Tidak. Penyorotan sinar UV dapat memutasi sel-sel kulit dan menyebabkan kanker. Perlu diketahui, manusia yang mengalami pembakaran kulit pada masa kecil dan remaja memiliki risiko terserang kanker kulit lebih besar ketika mereka dewasa. Karena melanoma memiliki waktu cukup lama untuk berkembang di dalam tubuh manusia. Efek buruk lainnya, selain kanker, adalah keriput lebih dini dan sakit mata katarak.
10. Apa cara terbaik mengobati kulit yang terbakar?
Segera konsumsi aspirin. Waktu paling baik adalah sebelum pergantian hari, karena aspirin dapat bekerja kurang dari sehari untuk mencegah kerusakan kulit lebih buruk. Selain itu, meminum air putih sebanyak-banyaknya juga dapat membantu terciptanya sel kulit baru. Bisa pula dengan mengoleskan bagian kulit yang merah dengan krim moisturizer seperti aloe vera atay hydrocortisone. Bila efeknya justru menimbulkan rasa sakit kepala, badan merinding, atau demam, segera hubungi dokter.

3.    Ultraviolet Kuman Iradiasi
Kuman radiasi Ultraviolet (UVGI) adalah sterilisasi metode yang menggunakan ultraviolet (UV) cahaya di cukup pendek panjang gelombang untuk memecah mikroorganisme . UVGI  Ini digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti makanan, udara dan pemurnian air. UV telah menjadi dikenal mutagen pada tingkat sel selama lebih dari seratus tahun. The 1903 Nobel Kedokteran diberikan kepada Niels Finsen untuk penggunaan nya UV terhadap tuberkulosis .
UVGI menggunakan panjang gelombang pendek UV yang berbahaya bagi mikroorganisme. Hal ini efektif dalam menghancurkan asam nukleat dalam organisme sehingga mereka DNA terganggu oleh radiasi UV. Hal ini menghilangkan kemampuan reproduksi mereka dan membunuh mereka. Panjang gelombang UV yang menyebabkan efek ini jarang terjadi di Bumi sebagai atmosfer blok itu. Menggunakan perangkat UVGI di lingkungan tertentu seperti sistem sirkulasi udara atau air menghasilkan efek mematikan terhadap mikro-organisme seperti patogen , virus dan jamur yang berada dalam lingkungan ini. Ditambah dengan sistem penyaringan , UVGI dapat menghapus berbahaya mikro-organisme dari lingkungan.
Penerapan UVGI untuk sterilisasi telah menjadi praktik yang diterima sejak pertengahan abad ke-20. UVGI ini telah digunakan terutama di sanitasi medis dan fasilitas kerja steril. Semakin itu digunakan untuk mensterilkan minum dan air limbah , sebagai memegang fasilitas yang tertutup dan bisa diedarkan untuk memastikan paparan lebih tinggi untuk UV. Dalam beberapa tahun terakhir UVGI telah menemukan aplikasi baru di sanitasi udara .


-    Bagaimana cara Bekerja UVGI ?

Sinar ultraviolet adalah radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih pendek daripada cahaya tampak . UV dapat dipisahkan menjadi berbagai rentang, dengan UV pendek ( UVC ) dianggap "UV kuman." Pada panjang gelombang tertentu UV mutagenik terhadap bakteri, virus dan mikro-organisme. Pada panjang gelombang 2.537 Angstrom (254 nm) UV akan melepaskan ikatan molekul dalam DNA-organisme mikro, menghasilkan dimer timin pada DNA mereka sehingga menghancurkan mereka, membuat mereka tidak berbahaya atau melarang pertumbuhan dan reproduksi. Ini adalah proses yang sama dengan efek UV dari panjang gelombang lebih panjang ( UVB ) pada manusia, seperti terbakar sinar matahari atau silau matahari . Mikro-organisme ini kurang memberikan perlindungan dari UV dan tidak dapat bertahan kontak yang terlalu lama untuk itu.
Sebuah sistem UVGI dirancang untuk mengekspos lingkungan seperti tangki air , kamar disegel dan sistem udara paksa untuk UV kuman. Paparan berasal dari lampu kuman yang memancarkan radiasi elektromagnetik kuman UV pada panjang gelombang yang benar, sehingga penyinaran lingkungan. Paksa aliran udara atau air melalui lingkungan ini menjamin eksposur.

-    Efektivitas UVGI

UVGI adalah metode yang sangat efektif menghancurkan mikroorganisme. Karena atmosfer bumi menyerap sebagian besar UV dari matahari UV kuman penyakit ini sangat jarang terjadi di segala situasi. Ketika terkonsentrasi dalam lingkungan tertutup seperti memegang tangki air atau saluran sistem itu adalah mematikan dari waktu ke waktu untuk semua mikro-organisme.
Efektivitas UV kuman di lingkungan seperti itu tergantung pada sejumlah faktor: lamanya waktu organisme-mikro terkena UV, kekuasaan fluktuasi sumber UV yang dampaknya panjang gelombang EM, kehadiran partikel yang dapat melindungi mikro -organisme dari UV, dan kemampuan organisme-mikro untuk menahan UV selama eksposur.
Dalam banyak sistem redundansi dalam mengungkap mikro-organisme untuk UV dicapai dengan sirkulasi udara atau air berulang kali. Hal ini memastikan beberapa berlalu begitu bahwa UV efektif terhadap jumlah tertinggi mikro-organisme dan akan menyinari tahan mikro-organisme lebih dari sekali untuk menghancurkan mereka.
Efektivitas dari bentuk sterilisasi juga tergantung pada line-of-sight paparan dari mikro-organisme ke sinar UV. Lingkungan dimana desain menciptakan kendala yang menghalangi sinar UV tidak efektif. Dalam lingkungan seperti efektifitas ini kemudian bergantung pada penempatan sistem UVGI sehingga garis-of-sight yang optimal untuk sterilisasi.
Sebuah masalah tersendiri yang akan mempengaruhi UVGI adalah debu atau lapisan film lainnya bola, yang dapat menurunkan output UV. Oleh karena itu memerlukan penggantian lampu tahunan dan pembersihan dijadwalkan untuk memastikan efektivitas. Umur lampu UV kuman bervariasi tergantung pada desain. Juga materi bahwa bola lampu terbuat dari dapat menyerap beberapa sinar kuman.

Lampu pendingin di bawah aliran udara dapat output UV juga lebih rendah, sehingga perawatan harus dilakukan untuk melindungi lampu dari aliran udara langsung melalui reflektor parabola. Atau menambahkan lampu tambahan untuk mengimbangi efek pendinginan.
Peningkatan efektivitas dan intensitas UV dapat dicapai dengan menggunakan refleksi. Aluminium memiliki tingkat reflektifitas tertinggi dibandingkan logam lainnya dan dianjurkan bila menggunakan UV.

-     Membuat UVGI

Kuman UV disampaikan oleh uap-lampu merkuri yang memancarkan UV pada panjang gelombang kuman. Memancarkan uap merkuri pada 254 nm. Banyak lampu UV kuman digunakan khusus transformer untuk memastikan bahkan aliran listrik ke lampu sehingga panjang gelombang yang sesuai dijaga. Sejak UV kuman memiliki sempit bandwidth , fluktuasi daya akan membuat dimaksud penyinaran lingkungan tidak efektif. Dalam beberapa kasus, lampu UVGI electrodeless dapat diberi energi dengan microwave, memberikan kehidupan yang stabil yang sangat panjang dan keuntungan lain. Ini dikenal sebagai 'microwave UV. "
Ada beberapa jenis lampu kuman: - bertekanan rendah lampu UV menawarkan efisiensi tinggi sekitar 35% UVC) tetapi daya yang lebih rendah (, biasanya 1 W / cm ³ kerapatan daya. - Amalgam UV lampu adalah versi tinggi kekuatan lampu tekanan rendah. Mereka beroperasi pada temperatur yang lebih tinggi dan memiliki seumur hidup hingga 16.000 jam. efisiensi mereka sedikit lebih rendah dari lampu tradisional tekanan rendah (sekitar 33% UVC output) dan kepadatan daya sekitar 2-3 W / cm ³. - Medium-tekanan lampu UV memiliki puncak-line spektrum luas dan diucapkan dan output radiasi yang tinggi namun lebih rendah efisiensi UVC sebesar 10% atau kurang. rapat daya khas adalah 30 W / cm ³ atau lebih.
Tergantung pada kaca kuarsa yang digunakan untuk tubuh lampu, tekanan rendah dan lampu UV amalgam memancarkan cahaya pada 254 nm dan 185 nm (untuk oksidasi). Cahaya 185 nm digunakan untuk menghasilkan ozon .
Pada panjang gelombang tertentu (termasuk UVC) UV berbahaya bagi manusia dan bentuk kehidupan lainnya. Dalam sistem UVGI sebagian besar lampu yang terlindung atau dalam lingkungan yang membatasi paparan, seperti tangki air tertutup atau sistem sirkulasi udara tertutup, seringkali dengan Interlocks yang secara otomatis mematikan lampu UV jika sistem ini terbuka untuk akses oleh manusia. paparan Terbatas memperkecil risiko bahaya.
Pada manusia, kulit paparan kuman panjang gelombang sinar UV dapat menghasilkan kulit terbakar dan (dalam beberapa kasus) kanker kulit . Eksposur mata radiasi UV ini dapat menghasilkan peradangan sangat menyakitkan kornea dan sementara atau permanen gangguan penglihatan , sampai dengan dan termasuk kebutaan dalam beberapa kasus. UV dapat merusak retina mata.
Potensi bahaya lainnya adalah produksi UV ozon . UVC cahaya dari matahari adalah sebagian bertanggung jawab atas bumi lapisan ozon di stratosfer , tetapi ozon pada tingkat atmosfer dapat membahayakan kesehatan orang. The United States Environmental Protection Agency ditunjuk .05 bagian per juta (ppm) dari ozon menjadi tingkat yang aman. Lampu dirancang untuk melepaskan UVC dan frekuensi yang lebih tinggi yang diolah sehingga setiap sinar UV di bawah 254 nm tidak akan dirilis, sehingga ozon tidak diproduksi. Sebuah lampu spektrum penuh akan merilis semua panjang gelombang UV dan akan menghasilkan ozon seperti juga UVC, UVB, dan UVA. (Ozon yang dihasilkan ketika UVC hits oksigen (O 2) molekul, dan hanya dihasilkan ketika oksigen hadir.)
Radiasi UV-C mampu memecah ikatan kimia. Hal ini menyebabkan cepat penuaan dari plastik (isolasi, paking ) dan bahan lainnya. Perhatikan bahwa plastik yang dijual untuk menjadi "UV-tahan" diuji hanya untuk UV-B, sebagai UV-C biasanya tidak mencapai permukaan bumi. Ketika UV digunakan dekat plastik, karet, atau isolasi perawatan harus dilakukan untuk melindungi kata komponen, logam atau aluminium foil tape akan cukup.

-    Kegunaan  UVGI

1)      Udara Disinfeksi

UVGI dapat digunakan untuk menyaring udara dengan kontak yang terlalu lama. Disinfeksi merupakan fungsi dari konsentrasi UV dan waktu, CT. Untuk alasan ini, tidak efektif pada udara yang bergerak, ketika lampu tegak lurus terhadap aliran, sebanyak paparan yang drastis dikurangi. Pemurnian udara UVGI sistem dapat berdiri bebas unit dengan lampu UV terlindung yang menggunakan kipas untuk memaksa udara melewati sinar UV. Sistem lain yang dipasang di sistem udara paksa sehingga sirkulasi untuk tempat bergerak mikro-organisme masa lalu lampu. Kunci bentuk sterilisasi adalah penempatan lampu UV dan sistem filtrasi yang baik untuk menghapus mikro-organisme mati. [5] Sebagai contoh, sistem udara paksa oleh desain menghambat line-of-sight, sehingga menciptakan bidang lingkungan yang akan dinaungi dari sinar UV. Namun, lampu UV ditempatkan di gulungan dan drainpan dari sistem pendingin akan menjaga mikro-organisme dari terbentuk di tempat-tempat alami lembab.

2)      Sterilisasi Air

UVGI umumnya digunakan untuk sterilisasi air dalam berbagai aplikasi. Penggunaannya dalam pengolahan air limbah adalah mengganti klorinasi karena bahan kimia yang beracun dengan produk. Kelemahan dari teknik ini adalah bahwa air yang telah diolah dengan klorinasi yang tahan terhadap infeksi ulang, di mana UVGI air harus diangkut dan disampaikan sedemikian rupa untuk menghindari kontaminasi. Wastestreams individu harus diperlakukan dengan UVGI harus diuji untuk memastikan bahwa metode tersebut akan efektif karena gangguan potensial seperti padatan tersuspensi, pewarna atau bahan lain yang dapat menghalangi atau menyerap radiasi UV.
"UV unit untuk mengobati batch kecil (1 sampai beberapa liter) atau arus rendah (1 sampai beberapa liter per menit) air di tingkat masyarakat diperkirakan memiliki biaya 0,02 US $ per 1000 liter air, termasuk biaya listrik dan konsumsi dan biaya modal tahunan unit. " ( WHO ).



3)      Aquarium dan kolam

Sterilisasi ultraviolet sering digunakan dalam akuarium dan kolam untuk membantu mengendalikan mikroorganisme yang tidak diinginkan di dalam air. Continuous sterilisasi air menetralkan ganggang single-sel dan dengan demikian meningkatkan kejernihan air. radiasi UV juga memastikan bahwa terkena patogen tidak bisa berkembang biak, sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya wabah penyakit di akuarium.
Aquarium dan kolam sterilisasi biasanya kecil, dengan fitting untuk tubing yang memungkinkan air mengalir melalui pensteril dalam perjalanan ke atau dari eksternal terpisah filter. Dalam alat sterilisasi, air mengalir dekat ke sumber cahaya ultraviolet, biasanya melalui sistem penyekat yang memperpanjang waktu selama air terkena radiasi.

4)      Kebersihan Laboratorium

UVGI sering digunakan untuk hama peralatan seperti keselamatan kacamata , instrumen, pipettors, dan perangkat lainnya. Lab personil juga disinfects gelas dan plasticware cara ini. laboratorium Mikrobiologi menggunakan UVGI untuk mendisinfeksi permukaan dalam kabinet keamanan biologis ("kerudung") antara menggunakan.

5)      Makanan dan minuman perlindungan

Karena FDA mengeluarkan peraturan pada tahun 2001 yang mensyaratkan bahwa hampir semua produsen jus dan sayuran buah mengikuti HACCP kontrol, dan yang mewajibkan seorang-log pengurangan 5 di patogen, UVGI telah melihat beberapa digunakan dalam sterilisasi jus segar seperti segar-menekan sari apel .

6)      Penghapus EPROM

Lampu UVGI digunakan untuk menghapus informasi yang tersimpan diadakan di EPROMS (memori bisa dihapus hanya diprogram baca) dalam waktu kurang dari satu menit. Lagi panjang gelombang UV-B atau UV A-lampu juga dapat digunakan, tetapi menghapus waktu jauh lebih besar.







DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar